Selasa, 14 April 2009

Sembilan Komentar tentang Partai Komunis: Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan



Apa itu Sembilan Komentar Mengenai Partai Komunis?
Sebuah seri editorial yang diterbitkan oleh The Epoch Times pada Nopember 2004. Menggambarkan setiap tindakan pejabat Partai Komunis China (PKC), kesaksian dari pihak ketiga dan kesaksian pribadi secara ekstensif, Sembilan Komentar menyajikan analisisa mendalam terhadap pemerintahan PKC di China yang menyebabkan kematian 80 juta rakyat Tiongkok, dirangkai dengan bukti-bukti sejarah yang mengarah pada metode-metode yang digunakan PKC dalam memerintah. Pada bab “Cara PKC Merusak Kebudayaan Bangsa” dan “Mengomentari Sejarah Pembunuhan dari PKC”, serial tersebut memusatkan perhatian bukan hanya pada biaya-biaya yang diakibatkan pemerintahan PKC saja, melainkan juga implikasinya pada moral masyarakat China secara keseluruhan. Dalam tahun 2005, serial tersebut diberi penghargaan Award Journalism National oleh Asosiasi Jurnalis Asia-Amerika (Asian American Journalists Association).
Aspek utama dari analisa adalah untuk mengajak rakyat Tiongkok di dalam dan di luar daratan untuk secara jujur menilai sejarah dari tirani Partai, mencari kebenaran atas kekejaman yang dilakukan partai kepada rakyat, dan bekerja sama menuju yang lebih damai, tertib dan masa depan berkeperimanusiaan untuk Tiongkok, dengan dasar kebijakan yang didapat dari kebudayaan selama 5000 tahun. Sembilan Komentar telah mengangkat pemahaman simpati diantara banyak orang Tionghoa, apakah mereka di Tiongkok daratan, Hong Kong atau daerah pecinan di seluruh dunia.
Bagaimana pengaruhnya?
Ada dua trend yang muncul menanggapi setelah terbitnya Sembilan Komentar:
Gelombang pengunduran diri dari partai: Penerbitan Sembilan Komentar telah menyulut gelombang pengunduran diri dari PKC, organisasi pemuda (Liga Pemuda dan Pionir Muda), dan penolakan simbolik lainnya dari Partai. Dalam beberapa minggu setelah Sembilan Komentar diterbitkan, pengunduran diri mulai dipasang di situs internet. Momentum dari penngunduran diri telah meningkat dari tahun ke tahun. Pada awal tahunn 2005 kira-kira 10.000 orang setiap harinya mengeluarkan pernyataan untuk mundur dari Partai. Sekarang telah mencapai 50.000 orang setiap hari yang mengundurkan diri. Termasuk yang mengundurkan diri adalah beberapa pejabat tinggi dan beberapa oposisi berpengaruh.
Aksi pengunduran diri sebagian besar secara simbolik, dengan banyak orang di daratan China menandatangani pernyataan mundur dari partai komunis dengan menggunakan nama samaran untuk menghindari tindakan balasan dari pemerintah. Model pernyataan pengunduran diri dari tahun 2005 terbaca seperti berikut: “ Saya berumur 85 tahun, telah menjadi anggota Partai sejak tahun 1940. Saya telah menyerahkan hidup saya kepada PKC. Saya telah mengalami begitu banyak gerakan politik dan telah menyaksikan pemandangan dan pandangan dari banyak tragedi. PKC telah menipu rakyat dengan kebohongan……tidak pernah memikirkan hidup orang lain…….saya segera mundur dari PKC jahat dan juga dari organisasi-organisasinya.”
Aksi simbolik ini memberikan implikasi nyata: secara damai membubarkan PKC dari dalam, mengubah budaya politik di China, dan menciptakan suatu pemilihan bisa di lihat langsung berakhirnya tirani rejim saat ini. Sebagai tambahan memuatnya langsung pada situs internet yang relevan, pernyataan pengunduran diri juga dinyatakan dalam bentuk panggilan telepon, email, fax dari China daratan ke Orang-orang Tionghoa di luar negeri atau dengan menempelkan surat pernyataan diri pengunduran di tempat-tempat umum di dalam negeri China. Pada bulan Maret 2009, menurut situs internet yang melakukan penghitungan terhadap penomena ini, total rakyat China yang mundur dari Partai Komunis Cina(PKC) beserta organisasi apiliasinya telah mencapai lebih dari 50 juta orang.
Pengunduran Diri dari pejabat tingkat atas:
Semenjak tahun 2005, jumlah pejabat China, baik dari pejabat komunitas diplomatik dan angkatan bersenjata telah susul-menyusul pandangannya telah berseberangan dengan Partai, mengutip Sembilan Komentar sebagai katalisator dan secara terbuka mereka mundur dari PKC, bersamaan juga mengungkap operasi rahasia partai, termasuk memata-matai dan penganiayaan. Berikut adalah tiga contoh yang mencolok :
Chen Yonglin---Mantan Sekretaris Utama Konsulat Cina di Sydney, Australia, menyatakan diri mundur dari partai komunis pada bulan Juni tahun 2005. Chen bersaksi di depan Kongres Amerika dan media internasional tentang jaringan mata-mata secara luas dan operasi intimidasi yang dilakukan oleh para diplomat Cina di negara barat yang utamanya dipusatkan pada kelompok yang bersebrangan dengan pemerintah dan minoritas spiritual yang ditindas seperti praktisi-praktisi Falun Gong dan orang-orang Tibet.
Lihat : http://commdocs.house.gov/committees/intlrel/hfa22579.000/hfa22579_0f.htm
Hao Fengjun---Mantan Pejabat Keamanan Umum di Tianjin dan kantor “610”, seluruh negeri China, yang punya kekuatan kekuasaan lebih di China dengan memimpin dan mengkoordinir kampanye untuk memusnahkan kelompok spiritual Falun Gong. Hao membelot pada musim panas tahun 2005, dengan membeberkan dokumen rahasia dari kantor 610 di Tianjin, termasuk kutipan usaha oleh para agen setempat untuk mengenali pengikut Falun Gong yang di ketahui secara simbolis mundur dari PKC. Dokumen yang bertanggal; 14 Desember 2004 dan tersedia kalau ada permintaan, menyatakan:
1. “….empat anggota Falun Gong di kota kami menyatakan apa yang disebut ‘pernyataan untuk mundur dari PKC dan Liga Pemuda.’ Salah satunya memakai nama samaran ‘Kesadaran,’ yang lain memakai nama aslinya. Rincinya adalah sebagai berikut: pada tanggal 5 Desember, Mu Xiangjie (wanita, Lahir 16 Juli 1976, Kewarganegaraan Hui, sekarang tinggal di luar negeri) mengumumkan pernyataan “ Saya dengan mantap mengundurkan diri dari Liga Pemuda.”
2. Pada tanggal 5 Desember, Gu Wang (suami dari Wu Yanxia, praktisi Falun Gong di Kabupaten Ji dari kota kami, sekarang tinggal di Kanada) mengumumkan apa yang disebut: “pernyataan mundur dari Partai Komunis China” kepada Komite Partai di institut riset dan rancangan transmisi pelistrikan di Tianjin.
3. Pada tanggal 13 Desember Zhang Rongfa, warga dari kota kami, mengumumkan apa yang di sebut ‘mundur dari PKC jahat.’ Sekarang investigasi lebih lanjut sedang dilakukan terhadap orang ini.”
Li Fengzhi—Mantan pejabat di China pada Kementerian Keamanan Negara; berimigrasi ke Amerika pada tahun 2004 dan secara terbuka mengundurkan diri pada bulan Maret 2009. Li memperkuat pernyataan Chen tentang pengerahan mata-mata China untuk daerah Amerika dan Negara Barat penting lainnya. Lihat :
http://www.washingtontimes.com/news/2009/mar/19/exclusive-chinese-spy-who-defected-tells-all/
http://www.google.com/hostednews/afp/article/ALeqM5ipXYPkPBNnz9RtuBT4RrTEiKDddg
http://www.theepochtimes.com/n2/content/view/14000/
Bagaimana tanggapan Rejim Berkuasa Cina ?
Takut akan meluasnya peredaran Sembilan Komentar dan segala pembicaraan mengenai buku tersebut mempercepat akan runtuhnya kekuasaan PKC, Partai dan berbagai agen telah melakukan beberapa langkah untuk mencoba dan mengurangi pengaruh penyebarannya, khususnya di daratan Cina.
Melarang Bukunya dan memerintahkan pegawai pemerintah untuk tidak membacanya.
Pada bulan Januari 2005, Kementerian Keamanan Umum mengeluarkan perintah nasional untuk menekan beredarnya Sembilan Komentar. Bulan berikutnya beberapa situs internet negara memuat pengumuman termasuk di bawah ini:
Situs internet Departemen Keuangan di Kabupaten Xixiu, Propinsi Guizhou memberi arahan berikut di antara satu sama lainnya: ( 1)Dengan tegas menghentikan beredarnya Sembilan Komentar…….(4) Didik pegawai kita dan pejabat agar tidak mendengarkan, percaya, membacanya dan menyebarkan Sembilan Komentar. Sebaliknya laporkan kepada kantor PKC dan serahkan bukletnya. Barang siapa menyimpan dan menyebarkan Sembilan Komentar akan di hukum, yang masih dinas aktif akan dituntut secara kriminal.”
Situs website PKC di Kota Harbin mengeluarkan arahan untuk menetapkan ini sebagai hal yang paling utama dan terpenting untuk mencegah dan menghancurkan tempat produksi dan peredaran Sembilan Komentar. Lihat : penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Dunia atas Penindasan Terhadap Falun Gong (WOIPFG).
http://www.zhuichaguoji.org/en/index2.php?option=content&task=view&id=169&pop=1&page=0
Memakai “Pembendung Utama” untuk secara sistematik memblokir Sembilan Komentar melalui akses internet:
Dua penelitian oleh Inisiative Keterbukaan Internet (Open Net Initiative), proyek gabungan dari beberapa universitas untuk mencatat penyadapan internet, telah menemukan bahwa Sembilan Komentar adalah termasuk salah satu yang secara sistimatik diblokir.
Pada tahun 2005 penelitian menemukan bahwa 90 persen situs internet berbahasa Mandarin yang ada hubungannya dengan Sembilan Komentar telah diblokir, sebagai tambahan 16 persen yang berbahasa Ingris. Ini adalah situs internet yang cukup besar yang memusatkan perhatian terhadap Hak Asasi Manusia, demokrasi dan kebebasan berbicara. Sementara penelitian secara menyeluruh tidak lagi tersedia pada situs ONI, grafik ilustrasi perkembangan ini bisa di lihat disini:
http://www.publications.parliament.uk/pa/cm200607/cmselect/cmfaff/269/269we08.htm#n20
Menghukum siapa saja yang terlibat dalam mengarang, mempromosikan atau menyebarkan:
Zheng Yichun---Memberikan isu politik yang sensitif terhadap Sembilan Komentar, untuk mengenali identitas pengarang, sayangnya tidak di umumkan untuk diketahui publik. Termasuk pemerintah China mencoba untuk menelusuri siapa mereka sebenarnya. Pada tahun 2005, Zheng, seorang profesor bahasa ingris yang juga memberikan kontribusi artikel komentar politik pada versi bahasa Mandarin dari Epoch times, telah di hukum 7 tahun penjara.
Menurut Komite Perlindungan Wartawan dan yang lainnya, hukuman yang lama diterimanya karena otoritas PKC mengira sebagai salah seorang dari penulis Sembilan Komentar atau punya hubungan dengan itu. lihat:
http://www.rsf.org/article.php3?id_article=15123 and http://www.cpj.org/reports/2008/06/12iii-2.php
Tan Xiuxia---“Menurut satu berita dari People's Net pada bulan November tahun 2005 praktisi Falun Gong bernama Tan Xiuxia dari Kota Shizuishan di Daerah Nasional Otonomi di Ningxia Hui telah di tangkap dan di hukum 4 tahun penjara oleh pengadilan Kota Kabupaten Dawukou. Dia dilaporkan di adili karena tertangkap menyebarkan selebaran dan VCD yang berhubungan dengan Sembilan Komentar di areal Perumahan Zhengtong.” Lihat :
http://www.publications.parliament.uk/pa/cm200607/cmselect/cmfaff/269/269we08.htm#n20; http://www.zhuichaguoji.org/en/index2.php?option=content&task=view&id=169&pop=1&page=0
Wang Xuejun--- pada bulan Oktober tahun 2005, Wang (usia 43 tahun) yang mana melakukan perjalanan ke China bersama dengan Rombongan Tari Sydney (Sydney Dance Company) telah dideportasi dari China, dipaksa untuk kembali ke Australia, dan dibatalkan mengikuti tur keliling karena pemerintah Shanghai menemukan dia telah membagikan Sembilan Komentar kepada penduduk lokal. Lihat :
http://www.smh.com.au/news/world/dancer-calls-for-china-condemnation/2005/10/15/1128796739407.html%20%E2%80%93
Mr.Chen Jinshu----Pada tanggal 29 Januari 2008, Pengadilan Kabupaten Bao di Shenzhen, Propinsi Guandong menghukum Chen (usia 49) berkewarganegaraan Hong Kong dan pengikut Falun Gong, selama 6 tahun penjara, dalam pengadilan tertutup. Chen telah di tangkap bulan April 2007, ketika mengunjungi orang tuanya yang telah lanjut usia di China. Dia di hukum karena telah mengirimkan Sembilan Komentar Tentang Partai Komunis ke Cina daratan.
Buku, serial editorial sejarah dari Partai Komunis Cina, dilarang di China, tetapi di Hong Kong bebas beredar. Keluarga Chen dan pengacaranya telah menolak tuduhan, dinyatakan kasusnya telah ditutup tahun 2005 ketika satu lagi pengikut Falun Gong di jatuhi hukuman.” Lihat
http://www.faluninfo.net/article/863/?cid=154; http://english.ntdtv.com/?c=145&a=1777
Ternyata di China beredar juga? Bagaimana caranya?
Sembilan Komentar beredar juga di Negeri China walaupun pemerintah mencoba untuk mempersempit distribusinya. Ini terjadi melalui jaringan rakyat dari praktisi Falun Gong, aktivis demokrasi, dan keduanya baik dari dalam maupun dari luar China yang mana telah mengirimkan dokumennya lewat email, fax, di poskan lewat pos tradisional, atau masuk ke China secara langsung, mengirim sms atau mendownload dari internet setelah menggunakan piranti khusus untuk menjebol pemblokiran partai komunis China.
Sebagai satu contoh, Dynamic Internet Technology (DIT) perusahaan yang menggunakan sistem circumvention yang bernama Dynaweb dan Ultrareach menulis dalam laporannya yang diumumkan bulan Juni dari 31 Mei 2005, 307.202 orang yang memakai sistem ini untuk mengakses Sembilan Komentar. Informasi bagaimana cara menggunakan sistem ini untuk mengakses artikel sedang dikirim terus kepada orang-orang di China Daratan lewat email per bulan Juni, 2,3 juta pesan telah terkirim. Lihat :
http://www.dit-inc.us/report/9p200505/9preport.php
Bagaimana kita tahu bahwa ini benar-benar terjadi?
Walaupun terdapat, sayangnya, hanya sedikit jika beberapa media Barat arus utama yang memuat tentang Sembilan Komentar dan diiringi oleh fenomena dimana orang-orang secara simbolik mundur dari PKC dan organisasi terkaitnya, ada beberapa bukti dokumenter untuk menunjukkan bahwa ini benar-benar terjadi. Ini termasuk :
Pengunduran diri dan pengumuman terkait oleh kalangan atas dari aktivis hak asasi manusia dan juga dari aktivis demokrasi:
Gao Zhisheng dan istrinya Geng He--- Dalam laporan terbarunya A China More Just, pengacara China terkenal dan yang pernah dinominasi untuk menerima hadiah nobel Gao Zhisheng, dalam bukunya memasukkan satu bab yang menguraikan secara rinci tentang pergerakan orang-orang yang mundur dari Partai. Bagian ini termasuk pernyataan dirinya yang mundur dari PKC sejak Desember 2005, momen yang diistilahkan sebagai momen ‘yang paling membanggakan dalam hidupnya,’ pernyataan istrinya dan komentar dari sebuah artikel membuat lebih banyak lagi orang China untuk menilai kembali PKC dan ikut mengundurkan diri. Pernyataan mundur Gao lihat : http://www.theepochtimes.com/news/5-12-14/35773.html. juga lihat disini informasi tentang buku Gao:
http://www.broadpressusa.com/index.php?option=com_content&task=view&id=33&Itemid=1
Zheng Enchong---Zheng, pengacara terkenal dari Shanghai yang mendekam tiga tahun di penjara atas usahanya untuk membantu penduduk setempat yang digusur dari rumah mereka, rekaman pesan pada rapat umum di Flushing, New York yang mendukung orang-orang yang telah mengundurkan diri dari PKC dan organisasi afiliasinya. Dalam pesan videonya, yang diputar untuk umum pada bulan Desember tahun 2008, dia menyatakan:
“ Saya Zheng Enchong, warga Shanghai dan mantan pengacara Shanghai. Saya sangat senang bisa berkomunikasi dengan teman-teman di Flushing. Seperti putera bangsa yang telah menyatakan pengunduran diri dari komunis, saya menyatakan mundur dari keanggotaan Liga Pemuda Komunis dan Pionir Muda tahun ini (2008) dengan nama asli saya…. setelah saya mengumumkan niat pikiran saya untuk mundur dari keanggotaan PKC dengan nama asli, banyak orang Shanghai memberi selamat. Banyak dari mereka telah mundur dari PKC beberapa dari mereka dengan nama aslinya dan yang lain dengan nama samaran. Selama perjalanan saya ke Hong Kong, saya bertemu lebih dari 30 orang yang telah mundur dari PKC, dan belasan dari mereka menggunakan dengan nama aslinya.” lihat di: http://www.theepochtimes.com/n2/content/view/10338/
http://www.broadpressusa.com/index.php?option=com_content&task=view&id=10&Itemid=1
Wei Jingsheng----Wei adalah seorang penentang terkenal terhadap PKC yang dihukum 18 tahun penjara karena tulisannya mendukung demokrasi seperti pernyataannya: “ Sembilan Komentar adalah tonggak yang penting. Gerakan mundur dari Partai memberikan rakyat Tiongkok kesempatan untuk membersihkan hati nurani. Banyak orang memandang rendah terhadap PKC, tetapi mereka tidak bisa mengatakan apa yang benar dan apa yang salah karena orang-orang disekelilingnya semua menyampaikan kebohongan. Salah satu dampak dari Sembilan Komentar adalah walaupun seorang warga biasa yang tidak peduli akan politik suatu hari akan berani berkata” Kami menentang PKC” lihat : http://www.broadpressusa.com/index.php?option=com_content&task=view&id=10&Itemid=1
Foto-foto dari daratan Cina:
Foto-foto seperti salah satu yang terlihat dalam artikel ini telah dikirim keluar China, memberikan gambaran fakta bahwa di dalam negeri China, paling tidak mereka memasang pengumuman pengunduran diri di tempat umum::
Anekdot dari warga yang meninggalkan China belakangan ini:
Apakah itu praktisi Falun Gong, mantan pejabat, atau aktivis demokrasi, banyak orang yang meninggalkan China belakangan ini telah meneruskan bukti anekdot baik dalam mendistribusikan Sembilan Komentar bagi dirinya, atau telah diberikan oleh orang lain. Dan menemukan banyak dari para temannya telah membacanya.
Stan kecil ‘Pengunduran Diri Dari Partai Komunis’ dan distribusi dari ‘Sembilan Komentar’ diluar China
Karena distribusi dari Sembilan Komentar tidak memungkinkan secara terbuka dan umum di daratan China, adalah sudah suatu yang umum di pecinan diseluruh dunia menemukan “stan mundur diri dari Partai Komunis China” Di tempat-tempat ini, bisa dilihat setiap hari menyebarkan salinan dari Sembilan Komentar mendiskusikan isinya dengan pejalan kaki, dan meyakinkan teman Tionghoa untuk membuat surat pernyataan.
Semetara tidak semua pejalan kaki setuju dengan surat ini, kalau seseorang bisa mendengarkan dan mengerti dan membicarakan hal ini. Ini adalah bukti bahwa cukup banyak presentase dari mereka yang setuju.
Juga diluar China Daratan, di HongKong tahun 2004, 60.000 salinan spesial dari Sembilan Komentar yang di umumkan oleh Dajiyuan di laporkan hanya memerlukan beberapa jam untuk menyebarkannya setelah di cetak. Dalam beberapa kasus turis dari China daratan mereka mengatakan akan membawa korannya pulang untuk ditunjukkan kepada yang lainnya. (Erabaru/man-suk)

Tidak ada komentar: